Sabtu, 10 April 2010

Latihan Satu Hari

Latsari? pertama kali saya mendengarnya langsung tertawa. Pikir saya latsari itu ya nama orang. Tidak tahunya adalah kependekan dari Latihan Satu Hari. Kegiatan apa lagi ini?

Teman-teman, Latsari juga menjadi program kerja rutin dari gudep MTs. MH Troso. Biasanya, Latsari dibarengkan dengan Pengambilan Tanda Kecakapan Khusus atau TKK bagi tingkat Penggalang Rakit. Konsep acaranya hampir mirip dengan Lomba Tingkat I, bedanya Latsari itu lebih cenderung pada latihan saja, walaupun memang ada penilaian-penilaian yang dilakukan panitia, tapi itu cuma sekedar 'syarat' saja. (hmmm dapat bocoran dari 'oknum' dewan penggalang. hehehe)

Bagi penggalang rakit, mereka mengambil TKK yang sebelumnya sudah melalui ujian Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Ada beberapa jenis tanda kecakapan yang dikelompokkan ke dalam 5 kelompok warna berbeda yang masing-masing memiliki makna sendiri. Teman-teman bisa melihat foto. Terlihat salah satu peserta harus rela hati memungut TKK dengan mulutnya. Toh mereka malah merasa senang dan bangga karena bisa mendapatkan tanda kecakapan yang telah ia perjuangkan sebelumnya.

Kembali pada Latsari. Maksud utama dari diadakanya Latsari tersebut adalah agar ada variasi dalam latihan sehingga tidak cepat merasa bosan mengikuti latihan pramuka yang hanya mendapatkan materi itu-itu saja. Sesuai dengan namanya, latihan ini hanya berlangsung selama sehari dimulai sejak pagi hingga sore hari.
Blog Widget by LinkWithin

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tags

Recent Post

Site Info

MTs MH Troso AJPV adalah weblog yang kami dedikasikan penuh untuk madrasah kami tercinta, MTs. Matholi'ul Huda Troso. Blog ini berisi tentang informasi seputar kegiatan kepramukaan yang ada di MTs. Matholi'ul Huda Troso. Happy sufring within this blog!