Sabtu, 10 April 2010

Proses Pemilihan Pratama

Sebelum saya menulis lebih jauh soal proses pemilihan pratama, ada baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu tentang istilah pratama itu. Hitung-hitung latihan menulis dan memanjangkan tulisan hihihi.

Baiklah, kata Pratama itu kependekan dari pimpinan regu utama yang merujuk pada pemimpin dewan penggalang dan membawahi pimpinan regu.

Kiranya sudah cukup ya penjelasan tentang siapa pratama itu. Selanjutnya, saya ingin menulis sedikit tentang proses pemilihan pratama di Gugus depan 09.103/09.104. Proses pemilihan pratama diawali dengan penunjukan oleh beberapa calon pratama oleh pembina pramuka melalui rapat pembina. Penunjukan itu tidak hanya sekedar memilih tapi telah dipertimbangkan kemampuan dan tingkat kematangan si calon pratama.

Nah, sesudah itu calon pratama-pratama diberikan waktu beberapa hari untuk membuat program ke depan jika ia terpilih menjadi pratama nantinya. Biasanya dilakukan di luar gedung kampus. Namun jika ternyata cuacanya tidak bersahabat, ya terpaksa dilakukan di dalam ruangan dengan berdesak-desakan :D

Setelah itu, seluruh anggota pramuka di gudep MTs. MH Troso dikumpulkan di satu ruangan dan dilakukan proses pemungutan suara. Bisa dibayangkan seperti pemilu gitu.... Dari hasil pemungutan suara tersebut, akhirnya bakal terpilih pratama baru yang selanjutnya akan menggantikan tugas pratama periode sebelumnya.

Pada gambar di atas adalah proses kampanye oleh salah satu calon pratama, kak Lia Listiana di depan seluruh anggota pramuka. Namun sayang, kak Lia belum bisa mengungguli calon lain, yaitu kak Elvi Fitrianingsih yang akhirnya memenangi pemilu 'penggalang' itu :)
Blog Widget by LinkWithin

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tags

Recent Post

Site Info

MTs MH Troso AJPV adalah weblog yang kami dedikasikan penuh untuk madrasah kami tercinta, MTs. Matholi'ul Huda Troso. Blog ini berisi tentang informasi seputar kegiatan kepramukaan yang ada di MTs. Matholi'ul Huda Troso. Happy sufring within this blog!